Contoh Praktek Kerja Industri SMK

-- --

Contoh Praktek Kerja Industri SMK
Parakerin (praktek kerja industri) adalah pembelajaran yang dilakukan pada dunia pendidikan yang memiliki system ganda. Prakerin biasanya dilakukan oleh Siswa-siswi  SMK. Dengan adanya program tersebut di harapkan siwa SMK dapat dipersiapkan dan bersaing pada dunia kerja nyata. Di tanah air dalam penyelenggaraan pendidikan system ganda peserta SMK harus menjalani magang Industri  Nah di bawah ini adalah contoh  laporan Praktek Kerja Industri  Merawat Sistem Suspensi yang dapat kalian jadikan sebagai referensi selengkapnmya silahkan simak di bawah ini:  
"contoh"


Lihat lainya:
Prakerin merawat sistem suspensi  
Modifikasi motor mio sporty 
Gaya terbaru modifikasi motor Beat 


BAB I

PENDAHULUAN


1.1.         Latar Belakang
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajardan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Salah ssatu usaha dalam melaksanakan pendidikan adalah adanya sekolah, dan dalam hal ini adalah SMK.

Sekolah Menengah Kejuruan adalah sebuah Lembaga Pendidikan Menengah Atas, yang memiliki kegiatan-kegiatan di bidang pendidikan yang mengarah kepada keterampilan dan penguasaan ilmu pengetahuan di bidang kejuruan yang bertujuan agar siswa dapat memiliki keterampilan dan keahlian untuk memasuki dunia usaha industri atau dunia kerja.

Maka dari itu, setiap Sekolah Menengah Kejuruan dianjurkan untuk melakukan Prektek Kerja Industri ( PRAKERIN ) untuk memperkenalkan siswa pada dunia kerja yang nyata, juga untuk mempersiapkan siswa  agar dapat bersaing di dunia industri. Karena prakerin merupakan salah satu bentuk emplementasi secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung di dunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian tertentu.

Dunia kerja yang sekarang tengah berkembang adalah dunia industri di bidangotomotif seperti bidang jasa perbaikan, dan perawatan ( servis ) pada kendaraan. Oleh karena itu, siswa – siswa  lulusan Jurusan Teknik Kendaraan Ringan ( TKR ) di SMK sangatlah dibutuhkan oleh dunia industri. Salah satu industri di bidang otomotif adalahPapandayan Motor.

Papandayan Motor merupakan sebuah perusahaan yang terletak di kabupaten Garut yang menggeluti bidang jasa perbaikan, servis, dan perawatan pada kendaraan, juga menggeluti bidang perdagangan yang mendistribusikan mobil – mobil dengan segala merek. Perusahaan ini hampir selalu menerima siswa prakerin, karena sangat terkenal dikalangan masyarakat sekitar. Oleh karena itu Papandayan Motor kadang kekurangankaryawan, dan siswa prakerin merupakan salah satu solusi untuk menutupinya.

Saya memilih Papandayan Motor untuk tempat prakerin karena selain tempatnya yang masih terbilang dekat, banyak transportasi yang ada, juga tempatnya sangat cocok untuk saya dalam mencari ilmu pengetahuan dibidang otomotif dan juga disana pekerjaannya tidak menyeleweng dari kompetensi jurusan.

1.2.         Tujuan Praktik Kerja Industri

1.    Menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas dan memiliki keahlian profesional dengan tingkat pengetahuan dan keterampilan kerja sesuai dengan tuntutan lapangan kerja;
2.    Dapat mengetahui perbedaan antara lingkungan Dunia Usaha/Industri dengan lingkungan Sekolah;
3.    Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas;
4.    Memberikan pengalaman dan penghargaan terhadap siswa akan pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan;
5.    Mampu untuk mengamalkan ilmu yang telah di dapat selama di bangku sekolah;
6.    Memperoleh pengalaman bekerja langsung di tempat kerja sesuai kompetensi dasar jurusan; dan.

1.3.         Manfaat Praktik Kerja Industri
 1.    Manfaat Bagi Siswa
     Manfaat Praktik Kerja Industri bagi siswa yakni terbentuknya kemitraan selama mengikuti program Praktek Kerja Industri itu sendiri, sehingga menjadi modal peluang dimasa depan sebagai persiapan membangun karier dibidangnya.Selain itu juga sebagai media penyalur ide, aspirasi, dan menunjukan prestasi pada perusahaan tempat melaksanakan Praktek Kerja Industri.Manfaat yang bisa didapat juga sebagai pengenalan, pemahaman, berbagai aspek suatu perusahaan, seperti: standar kerja, budaya perusahaan, dan hal positif lainnya yang bermanfaat.

2.    Manfaat Bagi Perusahaan
Manfaat Praktek Kerja Industri bagi perusahaan adalah terbentuknya jaringan antara para siswa, sekolah, dan perusahaan untuk maju dan saling sinergis dengan tujuan institusi masing-masing. Serta sebagai media pertukaran informasi dibidang teknologi dan aplikasi keilmuan antara perusahaan sebagai pengguna teknologi dengan sekolah sebagai pengembang studi ilmu pengetahuan dan teknologi.

3.    Manfaat Bagi Sekolah
Manfaat Praktek Kerja Industri bagi sekolah adalah sebagai perwujudan program keterkaitan dan kesepadanan antara sekolah dengan pihak industri. Juga sebagai umpan balik penyempurnaan program Praktek Kerja Industri, sistem pembelajaran, menyelaraskan kesepadanan dengan kebutuhan pemakai / pengguna lulusan dengan sistem pembelajaran di Praktek Kerja Industri. Manfaat lainnya yakni sebagai bahan referensi bagi pihak sekolah untuk menelaah efektivitas program pembelajaran yang dijalankan kepada siswa.

1.4.         Tujuan Penulisan Laporan
1.    Untuk melatih kemampuan diri dalam memahami, menyimpulkan dan mengembangkan pengetahuan yang didapat di dunia industri saat prakerin dalam bentuk laporan tertulis.
2.    Untuk memperoleh pengalaman menyusun laporan sesuai dengan ketentuan.
3.    Untuk memenuhi salah satu syarat mengikuti sidang prakerin.
4.    Bukti nyata bahwa siswa telah melaksanakan prakerin.

1.5.         Metode Yang Digunakan
Untuk menyusun laporan ini kami berusaha untuk mengumpulkan informasi profil perusahaan atau instansi dan hal-hal yang berhubungan dengan Otomotif dan data-data yang diperoleh dari hasil prakerin terhadap pembimbing dan staf karyawan, baik berupa informasi suatu instansi maupun hal-hal yang berhubungan dengan otomotif.

1.6.         Landasan Hukum Praktek Kerja Industri
1.    UU No.2 Tahun 1998
2.    PP No. Tahun 1990
3.    PP No.39 Tahun 1992
4.    Keputusan Mendikbud No. 0490-U/1992

Selengkapnya silahkan download link di bawah ini:

Demikian postingan kali ini semoga berguna khususnya buat kalian yang sedang membutuhkanya. Sampai jumpa kembali pada postingan berikutnya: